sar

Denpasar, baliilu.com – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) turut bangga akan prestasi pelajar penerima Program Beasiswa Bank Indonesia (BI) dari empat Perguruan Tinggi di Bali. Untuk itu ia pun mengajak para penerima beasiswa untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, sekaligus turut menjadi generasi penerus yang bisa membangun Bali dan Indonesia pada umumnya.

Hal tersebut disampaikannya pada acara Seremonial Penyerahan Program Beasiswa Bank Indonesia dan Jumpa Perdana Generasi Baru Indonesia (GenBI) Tahun 2023, bertempat di ruang Tirta Gangga, Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali, Denpasar, pada Sabtu (15/4/2023).

“Bung Karno pernah berkata “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”, dari sana kita sudah bisa mengatakan bahwa anak-anak muda adalah tulang punggung pembangunan suatu bangsa,” jelas Guru Besar ISI tersebut di hadapan Anggota DPR RI Dapil Bali I Gusti Agung Rai Wirajaya, Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali Trisno Nugroho, Wakil Rektor III Universitas Udayana Prof. Ngakan Putu Gede Suardana, Kerala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama, Universitas Pendidikan Ganesha I Made Yasa, Rektor Universitas Pendidikan Nasional Prof. Dr. Nyoman Sri Subawa, Rektor Universitas Warmadewa Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP, Wakil Kepala Sekolah SMK Dwijendra Denpasar I Wayan Sumardika.

wagub
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati. (Foto: ist)

Ia pun melanjutkan jika program tersebut sejalan dengan Visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru”, khususnya pada Misi ke-6, yaitu ”Mengembangkan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi yaitu berkualitas dan berintegritas: bermutu, profesional dan bermoral serta memiliki jati diri yang kokoh yang dikembangkan berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Krama Bali”. ”Misi tersebut diwujudkan dengan mengembangkan sumber daya manusia Bali unggul untuk mengisi pembangunan Bali Era Baru dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat, kompetitif, dalam skala lokal, nasional, bahkan internasional,” imbuhnya.

Wagub Cok Ace juga menyampaikan selamat kepada penerima Program Beasiswa Bank Indonesia 2023. Ia berpesan untuk terus ulet, tangguh, rajin, disiplin, santun, karena diberikan kepercayaan untuk menerima beasiswa dari Bank Indonesia. ”Saya berharap kesempatan ini tidak disia-siakan serta dapat dimanfaatkan dengan baik dan bertanggung jawab serta dapat memacu semangat untuk terus berinovasi dan menunjukkan kualitas terbaik dalam diri sehingga dapat menjadi kader terbaik yang dapat membangun potensi daerah,” tutupnya.

Sementara sebelumnya Kepala Perwakilan BI Trisno Nugroho mengatakan bahwa untuk tahun 2023 Perwakilan BI Bali memberikan beasiswa kepada sekitar 225 mahasiswa jenjang Sarjana dan 20 siswa SMK di Pulau Dewata, sebagai bagian dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI).

”Dengan program beasiswa ini diharapkan dapat memacu semangat terus berinovasi dan menunjukkan kualitas terbaik dalam diri, sehingga menjadi kader terbaik dalam membangun potensi daerah,” Kata Trisno Nugroho.

Ia pun menyampaikan seremonial penyerahan beasiswa tersebut sekaligus jumpa perdana GenBI 2023. Beasiswa untuk 225 mahasiswa jenjang Sarjana diterima oleh mahasiswa di empat perguruan tinggi yang menjadi mitra kerja sama BI yakni Universitas Udayana, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Pendidikan Nasional dan Universitas Warmadewa. Sedangkan untuk SMK diterima oleh 20 siswa SMK Dwijendra Denpasar.

Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai WIrajaya menambahkan beasiswa BI tidak hanya memberikan manfaat finansial namun juga akan menambah kompetisi yang dapat menjadi bekal berharga penerima beasiswa ke depan.

Selain itu, relasi penerima beasiswa juga akan semakin luas ketika telah bergabung sebagai GenBI, karena tidak sekadar di lingkup Bali, namun se-Indonesia bahkan luar negeri. ”Dan kami di DPR RI terutama di Komisi XI akan terus dorong kegiatan seperti ini agar semakin luas bagi adik-adik mahasiswa,” tutupnya. (gs/bi)