Polri Siapkan Strategi Pengamanan Takbiran dan Idul Fitri

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo (kiri) didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan keterangan pers usai meninjau arus mudik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Kamis (20/4/2023). ANTARA/HO-Divisi Humas Polri/pri.

INFODENPASAR, Jakarta – Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memerintahkan seluruh jajarannya untuk menyiapkan strategi serta langkah-langkah untuk mengamankan malam takbiran dan Hari Raya Idul Fitri 2023.

“Tolong seluruh jajaran mengawasi secara ketat dan lakukan langkah-langkah. Sehingga rangkaian malam takbir bisa dilaksanakan dengan baik, khusyuk. Dan kegiatan Shalat Id bisa terlaksana dengan aman dan lancar,” kata Sigit dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (20/04/2023).

Jenderal bintang empat itu menyebut, jajaran Polri bersama pemangku kepentingan terkait siap untuk mengamankan malam takbiran dan Shalat Idul Fitri di seluruh Indonesia. Mengingat adanya perbedaan hari perayaan di sejumlah wilayah.

“Seluruh jajaran Polri baik yang terbuka maupun tertutup dalam kondisi siap mengamankan dan mengawal,” ujar Sigit.

Demi keamanan dan kelancaran merayakan Idul Fitri, mantan Kabareskrim Polri itu juga mengimbau masyarakat agar tidak melakukan konvoi malam takbiran, guna menjaga kenyamanan dan keamanan masyarakat sekitar.

Ia pun mengajak masyarakat yang akan merayakan malam takbiran dapat mengumandangkan takbiratul ihram di masjid dan mushala sekitar tempat tinggal.

“Sedapat mungkin hindari konvoi yang kemudian terlalu jauh bisa mengganggu, kalaupun ada dibatasi. Namun, apabila dilaksanakan takbir di tempat masing-masing tanpa konvoi tentunya akan jauh lebih baik. Silakan koordinasi dengan aparat setempat. Sehingga kegiatan betul-betul bisa dijaga dan diamankan,” tutur Sigit.

Sigit mengungkapkan, saat ini, jajaran kepolisian di seluruh Indonesia telah melakukan pemetaan terkait dengan wilayah-wilayah yang akan melaksanakan Shalat Idul Fitri.

Dengan adanya upaya tersebut, kata Sigit, untuk memastikan serta mencegah terjadinya hal-hal yang mengganggu situasi kamtibmas. Sehingga, seluruh umat Muslim yang merayakan hari kemenangan dapat menjalaninya dengan khusyuk, aman dan nyaman.

“Saya kira masing-masing jajaran telah melakukan pendataan soal itu. Dan tentunya rangkaian kegiatan mulai dari malam takbiran kemudian Shalat Idul Fitri, akan kami laksanakan pengamanan,” ujar Sigit.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor

Kantor Berita ANTARA