may day

Denpasar, baliilu.com – Beragam kreativitas seni, hiburan dan aksi sosial turut memeriahkan Puncak Peringatan May Day atau Hari Buruh Internasional di Kota Denpasar. Kegiatan yang dikemas dengan konsep festival ini berlangsung meriah dengan menghadirkan sekitar 1.500 peserta dari 70 perusahaan di Kawasan Taman Kota Lumintang Denpasar, Senin (1/5).

Hadir langsung Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, dan Perwakilan Forkopimda Kota Denpasar. Tampak hadir pula Ketua TP. PKK Kota Denpasar, Ny, Sagung Antari Jaya Negara, Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Widnyani Wiradana.

Sejak tiba, Walikota Jaya Negara bersama seluruh undangan yang semuanya adalah para pekerja  tampak mengunjungi satu persatu stand UMKM. Bahkan, tampak seluruh undangan sangat antusias dan berbelanja produk kerajinan Denpasar. Usai berkeliling, seluruh undangan tampak ikut berpartisipasi mengikuti senam dan self love. Dalam kesempatan yang sama turut diserahkan penghargaan bagi perusahan terbaik dalam penerapan hubungan industrial, penyerahan bantuan CSR berupa sembako, tongkat disabilitas, alat bantu dengar dan kursi roda.

Usai kegiatan, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengucapkan terimakasih kepada panitia May Day Kota Denpasar tahun 2023. Dimana, meski didukung oleh Pemerintah Kota Denpasar, seluruh stakeholder baik itu pengusaha, pekerja dan pemerintah berkolaborasi dalam satu wadah untuk mewujudkan puncak peringatan May Day di Kota Denpasar ini.

“Yang pertama kita berterimakasih kepada panitia, May Day ini dilaksanakan dengan penuh semangat kolaborasi dengan spirit Vasudhaiva Kutumbakam, ini merupakan langkah positif, terlebih saat ini kita berada dalam masa pemulihan pascapandemi Covid-19,” ujarnya.

Ke depan, kolaborasi dan sinergitas ini akan terus ditingkatkan. Sehingga mampu mewujudkan hubungan industrial yang telah baik ini menjadi lebih baik lagi kedepannya. Hal ini utamanya dalam mendukung pembangunan dan program Pemerintah Kota Denpasar dalam mewujudkan kota kreatif berbasis budaya menuju Denpasar Maju.

“Tentunya peringatan May Day atau Hari Buruh Sedunia Tahun 2023 ini menjadi momentum untuk bersama-sama membangun kolaborasi mempererat hubungan industrial antara pengusaha, pekerja dan pemerintah dalam mewujudkan Denpasar Maju,” harap Jaya Negara.

Sementara Kadis Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi Kota Denpasar, Nyoman Ngurah Jimmy Sidarta didampingi Ketua Panitia, I Made Sudiatmika menjelaskan, pentingnya peringatan ini dilaksanakan dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat untuk para pekerja sehingga acara May Day dapat memberikan kesan bagi para pekerja di Kota Denpasar. Kegiatan ini juga sekaligus menepis isu bahwa May Day identik dengan unjuk rasa turun ke jalan sehingga dapat mengganggu kenyamanan masyarakat pada umumnya. Penyampaian aspirasi ataupun tuntutan dapat dilakukan dengan cara yang lebih tepat misalnya dengan lebih mengedepankan dialog ataupun musyawarah.

Made Sudiatmika menjelaskan, peringatan May Day ini adalah untuk semakin meningkatkan Hubungan Industrial yang harmonis antara pengusaha, pekerja dan pemerintah. Sehingga dapat terpenuhinya hak dan kewajiban semua belah pihak untuk bersama-sama menciptakan situasi kerja yang kondusif dan harmonis. Tak hanya itu, peringatan ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas perusahaan dan kesejahteraan para pekerja termasuk pekerja disabilitas dalam rangka membangun Kota Denpasar sebagai Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju (Makmur, Aman, Jujur dan Unggul).

Lebih lanjut dijelaskan, tema Puncak Peringatan May Day tahun ini yakni “Merajut Kebersamaan Pekerja dan Pengusaha dengan Hubungan Industrial yang Harmonis”. Melalui tema besar ini dikemas dengan kegiatan mulai dari donor darah, senam bersama, self love, pertunjukan Tari Baris Kriya Patra, penyerahan penghargaan untuk perusahaan terbaik dalam Penerapan Sarana Hubungan Industrial di perusahaan yang ada di Kota Denpasar, penyerahan Bantuan Social Responsibility (CSR), pertunjukan dari disabilitas, kuliner makanan dari UMKM dan acara hiburan.

“Semoga pada tahun yang akan datang peringatan May Day dapat lebih banyak melibatkan perusahaan dan pekerja serta lebih beragam bentuk kegiatan aksi lainnya yang dapat meningkatkan rasa kebersamaan para pekerja di Kota Denpasar,” harapnya.

Adapun lima perusahaan dengan terbaik dalam Penerapan Sarana Hubungan Industrial yakni PT. Wyncor Bali Hyatt Regency Bali, PT. East Indo Fair Trading, PT. Asung Mulia Perkasa, PT. Mitra Kini Bali dan PT. Penta Valent. (eka/bi)